Tips Cepat Menghafal Rumus Matematika Dan Melejitkan Daya Ingat Otak - belajarmatematika.info Tips Cepat Menghafal Rumus Matematika Dan Melejitkan Daya Ingat Otak - BELAJAR MATEMATIKA.info

Tips Cepat Menghafal Rumus Matematika Dan Melejitkan Daya Ingat Otak

Tips Cepat Menghafal Rumus Matematika Dan Melejitkan Daya Ingat Otak
Banyak para siswa yang mengeluhkan sulitnya menghafal rumus-rumus matematika. Memang hal tersebut pernah dirasakan hampir semua siswa baik saat mereka SD, SMP, SMA hingga ke perguruan tinggi. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam meningkatkan daya ingat untuk menghafal rumus matematika. Salah satu caranya akan dijelaskan lebih jauh lagi dalam artikel ini. Tentu saja untuk merasakan efek peningkatan daya ingat mesti dilakukan latihan secara berkala. Tidak ada hal yang instant di dunia ini, semua membutuhkan proses.

Tips Cepat Menghafal Rumus Matematika

Seperti dilansir Men's Fitness, Rabu (20/3/2013), untuk mendapatkan memori otak yang tajam dan mudah menghafal rumus matematika, Anda perlu melatih otak dengan melakukan trik tertentu sebagai berikut:

1. Memfokuskan perhatian
Cara agar memori dapat melekat pada otak, Anda harus lebih fokus dalam memperhatikan obyek yang ingin Anda ingat-ingat atau hafalkan. Lebih fokuslah dalam mempelajari suatu hal, jika hal ini belum juga berhasil, Anda hanya membutuhkan lebih banyak waktu untuk berlatih. Jika Anda sudah terbiasa fokus dengan mudah, maka menghafalpun tidak perlu waktu lama, bahkan bisa jadi Anda hanya cukup membacanya sekali saja sudah melekat dalam memori.

2. Mengubahnya menjadi bentuk gambar
Berbagai penelitian sudah banyak yang membuktikan hal ini. Otak akan lebih mudah mengakses sebuah gambar daripada kata-kata. Sehingga Anda dapat menggunakan trik ini untuk menghafalkan beberapa kata yang saling terkait dengan menyimpannya dalam otak dalam bentuk gambar tertentu yang mewakili. Hal ini akan memudahkan otak untuk mengungkapkan kembali dan dengan cepat mengingat apa yang telah dipelajari.

Tulislah rumus-rumus matematika yang ingin Anda hafalkan, gunakan warna-warna kontras untuk menuliskannya pada selembar kertas. Kemudian tempelkan kertas tersebut pada dinding kamar. Pilih sudut yang lebih banyak Anda memungkinkan bisa selalu melihatnya dengan jelas.

3. Tempatkan beberapa obyek berbeda yang ingin Anda hafalkan ke dalam suatu paket
Agar Anda dapat mengingat beberapa hal yang berbeda sekaligus, Anda dapat menempatkannya ke dalam satu paket tertentu. Misalnya, ketika Anda ingin menghafalkan rumus-rumus bangun ruang 3 dimensi, Anda perlu menempatkan gambar-gambar rumus tersebut pada satu lokasi yang Anda kenal dengan baik, misalnya di dinding depan meja belajar. Dan pilih dinding lain ketika Anda akan menempelkan rumus dengan topik yang berbeda.

Anda dapat menghafalkan benda-benda tersebut dari apa yang pertama kali Anda lihat ketika membuka pintu kamar. Lakukan langkah semacam ini terhadap berbagai kasus lain dan berlatihlah dengan rutin agar otak semakin tajam.

Semoga dengan melakukan beberapa langkah sederhana diatas akan memudahkan Anda dalam menghafal rumus-rumus matematika. Sehingga membantu meningkatkan prestasi belajar matematika di sekolah. Selamat mencoba.

0 Response to "Tips Cepat Menghafal Rumus Matematika Dan Melejitkan Daya Ingat Otak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel