Materi Matematika SMP Kelas VII Pecahan
Pada materi sebelumnya, sudah dibahas mengenai materi matematika SMP kelas VII mengenai pecahan, yaitu, pengertian pecahan, Pecahan senilai, dan Menyederhanakan Pecahan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas lanjutan materinya, Mari kita simak bersama,
Perhatikan gambar berikut :
Pada gambar tersebut, dapat terlihat pada (a) daerah yang diarsir adalah bagian, sedangkan pada (b) daerah yang diarsir adalah bagian. Tampak bahwa luas arsiran pada gambar (b) lebih besar dari luas arsiran pada gambar (a), atau dapat dituliskan < atau > .
Dari uraian di atas dapat dikatakan bahwa untuk menyatakan hubungan dua pecahan, bandingkan pembilangnya, jika penyebut kedua pecahan sama. Adapun jika penyebut kedua pecahan berbeda, untuk membandingkan pecahan tersebut, samakan terlebih dahulu penyebut kedua pecahan (dengan menentukan KPK dari penyebut kedua pecahan), kemudian bandingkan pembilangnya.
Contoh :
Berilah tanda > atau < untuk setiap pernyataan berikut, sehingga menjadi pernyataan yang benar.
a. …..
b. …..
Jawab :
a. dan , samakan penyebutnya sehingga ;
dan
Jadi, dapat diketahui bahwa;
<
atau
>
b. dan , samakan penyebutnya sehingga ;
dan
Jadi, dapat diketahui bahwa;
<
Atau
>
Menentukan Letak Pecahan Pada Garis Bilangan.
Pada bab sebelumnya kalian telah mempelajari letak bilangan bulat pada garis bilangan. Coba kalian ingat kembali garis bilangan pada bilangan bulat.
Pada garis bilangan, bilangan pecahan terletak di antara dua bilangan bulat. Sebagai contoh, jika pada garis bilangan di atas, jarak antara dua bilangan bulat yang berdekatan kalian bagi dua maka garis bilangannya menjadi ;
Adapun untuk letak pecahan yang lain, dapat kalian tentukan dengan membagi jarak antara dua bilangan bulat menurut besarnya penyebut.
Pada garis bilangan, pecahan yang lebih besar berada di sebelah kanan, sedangkan pecahan yang lebih kecil berada di sebelah kiri.
Menentukan pecahan yang nilainya di antara dua pecahan.
Untuk menentukan pecahan yang nilainya di antara dua pecahan, langkah-langkahnya sebagai berikut.
a. Samakan penyebut dari kedua pecahan. Kemudian, tentukan nilai pecahan yang terletak di antara kedua pecahan tersebut.
b. Ubahlah lagi penyebutnya, jika belum diperoleh pecahan yang dimaksud. Begitu seterusnya.
0 Response to "Materi Matematika SMP Kelas VII Pecahan"
Post a Comment